Harga Desain Rumah Per Meter

Harga Desain Rumah Per Meter

Anda Perlu Tahu! Inilah Cara Menghitung Harga Desain Rumah Per Meter

Membuat desain rumah yang diinginkan memang akan lebih mudah jika menggunakan jasa arsitek desain rumah profesional yang sudah berpengalaman. Anda tidak perlu khawatir mengenai desain rumah yang dihasilkan karena sudah pasti akan sesuai keinginan Anda. Namun ada hal lain yang perlu dipikirkan yakni harga desainnya. Bagaimana perhitungan harga desain rumah tersebut?

 

Harga Desain Rumah Per Meter

Perhitungan harga desain rumah terdiri dari beberapa jenis, yakni disesuaikan dengan gambar per view, presentase dari total biaya pembangunan, lamanya waktu konsultasi dan juga luas rumah atau bangunan yang dibangun. Salah satu jenis perhitungan untuk harga desain rumah yang sering digunakan adalah menghitung harga sesuai dengan luasan rumah yang dibangun, yaitu per meter persegi.

Pada perhitungan harga desain ini benar-benar hanya bergantung pada luas bangunannya saja, hal lain seperti tipe rumah, jumlah ruangan, jenis material yang digunakan untuk pembangunan dan lainnya tidak akan mempengaruhi perhitungan harga desain rumah tersebut.

Namun perlu diingat, setiap jasa arsitek memiliki harga per meter yang berbeda-beda, yang jelas semakin berpengalaman arsitek tersebut, maka harga yang ditawarkan juga semakin banyak. Misalkan Anda akan membuat rumah satu lantai dengan lebar 8 meter dan panjang 12 meter, dan Anda menggunakan jasa desain yang memasang harga per meter perseginya Rp.50.000, maka perhitungan harganya adalah

  • Luas bangunan rumah        : 8 meter X 12 meter = 96 m2
  • Biaya desain per meter persegi    : Rp.50.000
  • Total biaya desain rumah        : Luas bangunan X biaya desain per meter persegi = 96 m2 X Rp.50.000 = Rp.4.800.000

Jadi total harga untuk desain rumah seluas 96 meter persegi yang perlu Anda bayarkan adalah Rp.4.800.000. Anda memang perlu menyediakan banyak biaya untuk pembangunan rumah ini.

Meskipun harga desain rumah ini bisa dikatakan tidak sedikit, tetap saja harga tersebut sebanding dengan beberapa hal yang akan Anda peroleh dari penyedia jasa arsitek tersebut, beberapa diantaranya adalah,

  1. Gambar denah rumah yang dilengkapi dengan ukuran, tata letak ruangan beserta pintu dan jendelanya.
  2. Gambar rumah yang dilihat dari tampak depan, tampak samping, dan juga tampak belakang
  3. Detail gambar pola lantai
  4. Desain rangka atap
  5. Denah atap secara lengkap, bagian yang dibuat miring dan bagian yang memerlukan talang
  6. Detail pintu dan jendela
  7. Detail pondasi
  8. Denah plafond beserta titik lampu
  9. Jika rumah yang didesain memiliki pagar untuk keamanan, maka akan dibuatkan juga denah pagar depan
  10. Desain resapan air dan juga septic tank
  11. Perhitungan RAB atau rencana anggaran biaya yang meliputi kebutuhan material, tenaga kerja, serta total biaya pembangunan yang diperlukan.

Nah itulah cara perhitungan harga desain rumah per meter yang bisa Anda jadikan patokan saat akan membangun rumah, persiapkan dana pembangunan rumah tersebut dengan baik agar proses pembangunan rumah bisa berjalan dengan lancar tanpa terhambat biaya.

%d bloggers like this: